Sejarah Sistem Operasi Linux

Breaking News
Loading...
Jumat, 21 November 2014

Sejarah Sistem Operasi Linux

Banyak sebenarnya sistem operasi yang dipakai di dunia ini selain Microsoft windows, seperti misalnya BeOS buatan Macintosh, PetrOS buatan Trumpet Software International Pty Ltd, MacOS buatan Apple, Solaris, Namun kita akan mengenal sedikit Operating system pesaing terberat Microsoft milik bill gates ini yaitu Linux yang akhir-akhir ini banyak digunakan oleh perusahaan –perusahaan besar dunia sebagai server bahkan salah satu webserver milik Microsoft sendiri menggunakan nya.

Kemunculan Linux diawali dengan keinginan dari seorang mahasiswa di Helsinki
Linus Benedict Torvalds - untuk memiliki sistem operasi yang sehandal UNIX tapi dengan biaya semurah PC. Di pertengahan tahun 1 991 , Linus mulai mengumpulkan informasi dan mencari solusi untuk menghadirkan UNIX di PC.
Cita-cita Linus ini ternyata mendapat dukungan dari banyak pihak, sehingga akhirnya ini menjadi suatu proyek yang dikerjakan secara bersama-sama oleh banyak orang dari pelbagai negara. Mereka menggunakan Internet untuk berkomunikasi dan membangun sistem operasi yang akhirnya diberi nama Linux ( Linux = LINus UniX ).
Linux dikembangkan dengan menggunakan konsep open source. Ini berarti bahwa kode program dari Linux terbuka untuk semua orang yang ingin mengembangkannya. Konsep keterbukaan ini ternyata membuat Linux berkembang sangat cepat.
Sistem lisensi open source ini diberi nama General Public License (GPL) oleh GNU, yaitu suatu badan yang memperjuangkan kebebasan dalam penggunaan perangkat lunak.
Richard Stallman pendiri GNU (GNU is Not Unix) mewujudkan perjuangannya ini dengan membuat beberapa program yang dilepas secara bebas, baik dalam penggunaannya ataupun source code-nya.
Konsep pemikiran Richard Stallman tentang free software ini bisa kita baca pada bukunya Free As In Freedom yang bisa didownload secara gratis di Internet.
Jadi kesimpulannya Linus Torvalds memiliki Sistem Operasi yang sehandal UNIX “bertemu” Richard M Stallman dengan konsep Open Source beserta program-program opensourcenya( berlisensi General Public License/GPL ) lahirlah GNU/Linux yang lebih populer disebut orang.


Sekarang banyak nama-nama sistem operasi yang berbasis Linux yang keturunan UNIX ini digunakan orang, diantaranya ialah : Redhat, Fedora, Mandrake, Suse, Debian, Slakewake, Gento, Ubuntu, Mandrakesoft, Blankon , Mademandra, xnuxer buatan dani firmansyah sang pembobol server KPU, Knopix, Flax dan masih ratusan nama-nama distro lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer